PEMASARAN BUKU
Resume singkat pertemuan ke 19
Belajar Menulis Gelombang 23 - 24.
Waktu Pelaksanaan : 28 Februari 2022
Pk. 19.00 - 21.00 wib
Media Pelajaanaan : Via WA grup.
Narasumber: Agus Subardana, S.E., M.M
Moderator : Raliyanti
Malam hari ini bunda Raliyanti bertindak sebagai Moderator, menemani Bapak Agus Subardana. S.E., M.M. yang akan menjadi Narasumber dipertemuan ke 19 kelas BM 23-24. Beliau adalah dari Penerbit ANDI Yogyakarta.
Sejak awal tahun 1999 s.d sekarang, beliau menggeluti Bidang Pemasaran karena background S2 nya di Jurusan Manajemen Pemasaran. Berarti sudah 17 tahun beliau menggeluti bidang penerbitan, khususnya di Penerbin Andi. Beliau sering menjadi moderator berbagai event webinar. Malam ini beliau akan berbagi kepada kita semua mengenai Strategi "Pemasaran Buku" dimasa Pandemi.
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku. Di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat pandemi Covid-19, industri penerbitan buku sekala Global - Dunia justru bertumbuh. Merujuk laporan Nielsen BookScan ICM, penjualan buku di secara global / Dunia hingga akhir 2021 (YTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.
Penerbitan buku di Indonesia termasuk mengalami penurunan, hal ini berdasarkan informasi dari banyaknya penerbit yang mengalami pailit dimasa pandemi ini. Namun Penerbit ANDI Offset Yogyakarta termasuk yang masih bisa bertahan dan bertumbuh.
Ada lebih dari 15.000 judul buku diterbitkan Penerbit Andi yang dikelompokan menjadi 32 kategori. Ada beberapa genre buku yang kontribusinya justru bertumbuh di masa pandemi. Antara lain, genre buku sekolah , buku anak, masak, self improvement, hukum, Bisnis, parenting & family, dan computing & technology, Fenomena menarik di industri penerbitan buku pada masa pendemi adalah bertumbuhnya penjualan di kanal online dan Directselling .
Strategi Pemasaran buku yang telah dipetakan oleh Penerbit Andi menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara (on line) dan strategi pemasaran buku serangan Darat ( off line ).
Ada lima stretegi On Line yang dilakukan lalukan Penerbit Andi yaitu:
1. Melakukan pengelolaan secara intens terhadap buku-buku best seller-nya, yang saat ini jumlahnya mencapai 100 best seller.
2. Penerbit ANDI juga massif menggelar program Pre Order melalui toko buku online, e-Commerce, maupun reseller individu. “Tak hanya itu, kami juga menjual merchandise, e-book, hingga buat content.
3. Penerbit ANDI juga melakukan optimalisasi di semua lini produk, baik optimalisasi promosi, branding, hingga reseller. “Objektifnya, buku sudah bukan lagi untuk dibaca, melainkan sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat".
4. Penerbit ANDI juga melakukan optimalisasi stock produk melalui program bundling dan online.
5. Penerbit ANDI Offset juga mengelola Dead Stock, yakni mengelola buku-buku yang tidak terjual melalui program diskon dan melakukan books fair / pameran buku secara On Line.
Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Strategi Pemasaran di Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Berikut Toko-toko buku yang masih aktive
Marketing Toko Buku juga harus bisa Selling skills , artinya kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk, baik itu berupa barang ataupun jasa. Selling skills ini sangat menentukan apa yang akan dapat kita raih ke depannya; sukses dan tidaknya Kita dalam berbisnis secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan kita dalam menjual produk yang kita miliki. Untuk mempertajam pemasaran di toko buku dapat kita lakukan Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2. Strategi pemasaran buku secara Directselling atau penjualan langsung dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan berbiaya rendah. Cara ini memungkinkan kita untuk mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead, dan membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan jangka panjang.
Produk-produk Penerbit ANDI Offset tersebut dipasarkan dan dijual langsung melalui perwakilan penjualan independen yang dikenal juga sebagai Sales Direct selling. Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran itu penting. Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar. Tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan.
strategi pemasaran atau sering juga disebut marketing strategy adalah keseluruhan usaha dari sebuah bisnis untuk menjangkau target customer yang dianggap prospektif, lalu mengubah mereka untuk menjadi customer tetap untuk jasa maupun produk sebuah bisnis. Berarti disini kita sebagai penulis juga harus mengerti dan mempelajari bagai mana caranya agar karya kita bisa melenggang dipasaran, selain tentunya isi dari buku itu sendiri harus berkwalitas dan memenuhi stardart keilmuan, juga harus bisa mendekati selera pasar. Penulis dan Penerbit harus seiring sejalan dalam strategi Pemasaran Buku.
"Menulislah terus sampai suatu saat tulisanmu bisa bersinar seperti Bintang"( Rini Sugi). Aamiin yaa rabbal aalamiin.
Jangan Pernah Menyerah dan Salam Literasi!!!
Keren lengkap sekali resumenya Bu Rini
BalasHapusHatur nuhun bunda
HapusYuhuu segera terbitkan buku soloo
BalasHapusashiaaaappp😅😅
HapusKeren dan mantul resumenya bu
BalasHapusTrima kasih Bunda
HapusMantep.. komplit
BalasHapusMasih belum rapih tapi😊
HapusPenuh warna dilengkapi dengan gambar sebagai penjelas informasi .sip bunda
BalasHapus👍
Berusaha belajar memperbaiki terus bun🤭🙏
HapusKereen bunda Rini🤗
BalasHapusMantul Bu
BalasHapusLengkap dan rapi...mantap Bunda.
BalasHapusMantapa betul.salm literasi😉
BalasHapusSalam literasi bunda🙏
HapusSelamat keren resume
BalasHapusResume lengkap
BalasHapusMantul resumenya
BalasHapusSampun sae sanget bunda Rini.... Sip.
BalasHapus